PART 3 – Cara membuat Private Blog Network

Leave a Reply

Comment as a guest.

  1. The Best banget artikelnya mas…terlebih sebagai pemula seperti saya,dan yang saya kagum,artikelnya di share secara gratissss.Tengkiyu

      1. Mulia sekali, perjuangan belajar secara gratis dan hasilnya bagus memerlukan cost yang besar di sisi lain, seandainya domainemporia.com ini pun dijadikan money site, tentu akan menghasilkan uang yang luar biasa, karena memang ilmunya luara biasa, tapi mas Gabriel membagikan hasilnya secara gratis, yang ini jarang sekali terjadi.
        Makasih mas ilmunya, kami yang masih belajar hanya mendoakan Semoga Tambah Sukses….

  2. Mas, kalau begitu 10 pbn itu untuk 1 money site.
    Apakah itu cuman untuk ranking 1 keyword utama saja.
    Kalau kita ingin menembak berbagai macam keyword bagaimana bagusnya.
    MIsal keyword A = jaket bola
    keyword b = jaket bola real madrid
    keyword c= jaket juventus
    dll.
    Apakah kita menggunakan 1 keyword a untuk 10 pbn tentunya dengan variasi anchor text.
    Trus kalau keyword b dan c. ? apa kita mesti buat 10 pbn yg berbeda lg tiap masing 2 keyword.. Apalagi jika kompetisinya kuat di tiap2 keyword.
    Terima kasih

    1. Gak mas, cukup 10 saja.
      Itu pentingnya SEO on page. Jika artikel mas sudah bagus dan mengandung keyord2 A,B, dan C maka akan bisa merangking untuk ke-3 keyword tersebut sekaligus. Maka pastikan SEO on-page anda bagus.

      Untuk ke-10 PBN gunakan anchor text yang bervariasi.
      Misalnya gunakan keyword a 1 kali, keyowrd b 1 kali, keyword c 1 kali. Sisanya gunakan keyword, kata, frasa, lain atau URL mentah dan general word lain.

      1. Jadi kalau kita bagusin seo on page setiap artikel . Maka otomatis url yg lain akan naik rankingnya ya?
        Untuk url backlinnya apakah cukup url homepage?
        Bagaimana jika persaingan keywordnya ketat. Misalnya
        MIsal keyword A sudah masuk rakning 1= jaket bola
        keyword b sudah masuk rangking 2= jaket bola real madrid
        keyword c= jaket juventus , ini belum masuk ke page one sama sekali.
        apa yang mesti dilakukan jika seo pagenya sudah bagus?
        Apakah perlu menambah link ke backlink keyword c?

        1. Bagusnya kita juga kirim backlink ke inner page, karena sangat tidak wajar bagi google jika suatu website hanya memiliki backlink ke homepage.
          Nah supaya link “juice”nya bisa terbagi di dalam website itu, ada bagusnya kita buat interlinking dr halaman2 wesbite kita yang related.

          Biasanya jika seo on page mas sudah bagus untuk ke-3 keyword yang di sebitukan dalam arti ke-3 keyword sudah ada dalam judul, deskripsi, dan isi artikel maka seharusnya ke-3 KW tsb bisa merangking meskipun tidak sama rata. Biasanya sy 1 post/page menembak 2 keyword utama.

          Kalo dari contoh yang mas berikan sy rasa jika sudah menembak keyword “b” maka akan sekaligus menembak keyword “a” karena sama2 ada kata “jaket bola”. Jadi semisal judul post atau page mas “jual jaket bola real madrid dan juventus” maka sudah bisa mengakomodasi ke-3 KW tsb, asal nnti di isi artikel di isi juga ke-3 KW tsb dng intensitas 1-2%.

          Jika sudah benar onpage dan off page sy rasa akan merangkin kok ke-3 KW tsb. Namun jika memang belum maka ya harus tambah backlink lagi dengan anchor text KW 3 yang di variasikan. Jangan exact anchor text.

    1. Ia betul, PBN memang ada modal. Tapi perlu saya ingatkan bahwa “tanpa” PBN pun kita bisa tetap jalan. Nanti saya akan share pengalaman saya bermain affiliate tanpa PBN namun menggunakan jenis backlink yang lain.

      Keunggulan PBN haslnya termasuk cepat dan cukup kuat untuk keyword yang bahkan persaingan medium.

  3. Mereka yang bilang PBN is Dead itu mau meminimalisir kompetitor. Haha

    Terima kasih om, Part 1 – 3 dah ane baca daging semua nih. Menanti Part 2 Money Site.

  4. Sy beruntung menemukan web ini, 2 artikel awal ketika sy baca blm ada comment satupun. Artikel ini baru 2 hari sdh byk yg comment, mgkn krn ada faktor email blast nya dita nadia. Btw tanpa email blast tsb mmg ini web bermanfaat banget. Lanjut gan gabriel, mksh sharingnya…..

  5. Terimakasih banyak mas share dan ilmunya luar biasa.
    dikupas tuntas, blak blakan dan terasa ikhlas penyampaiannya.
    semoga semakin berkah atas semua ilmu yang di sampaikan.

    1. Tergantung jenis backlinknya mas. Kalau backlink low quality ya mending ke PBN saja. Tapi saya pribadi gak pernah backlink PBN saya sampai saat ini.
      Kalau jasa backlink yang di tawarkan berkualitas dan relatif aman ya tidak masalah tembakan ke money site.

      Sebelum order jasa backlink ada bagusnya kita paham betul jenis2 backlink biar paham backlink jenis apa yang cocok untuk money site kita.

      Salam,

  6. Mas, kalau misalnya keyword money site kita adalah ‘weight loss’. Lalu keyword utk blog PBN ini yang kita bidik yang mana ya?
    1. weight loss
    2. weight loss for women
    3. lose weight
    4. cure acne

    1. Kalo KW money site “weight loss” ya bisa gunakan anchor text no. 1,2,3
      Selain itu bisa di beri anchor text yang lebih bervariasi seperti
      1. how to loss weight?
      2. great tips to lose weight?
      3. how to kill belly fat?
      4. dan lain-lain yang tidak selalu harus ada kata “weight loss” (selama masih berhubungan dengan weight loss sikat aja)

      Gunakan juga general anchor text seperti
      1. click here
      2. more info
      3. source
      4. my blog
      5. RAW URL
      6. dll

      semakin bervariasi semakin bagus.

      Biasanya saya menggunakan exact anchor text hanya sebesar 15-30% dari total PBN saya

  7. Mas, makasih banget dah mau share ilmunya. Kalau gak keberatan, saya mau tanya mas.

    1. Kapan saatnya kita boleh kasih backlink dari PBN untuk money site kita. Karena yg saya baca bahwa sebuah situs harus aging dulu atau dikasih umur dulu minimal 1-2 bulan agar bisa dioptimasi offpage nya dengan pemberian backlink. Hal ini juga berkaitan dengan algoritma google. Katanya kalau money site kita domain baru trus langsung offpage dengan backlink maka akan masuk penjara google sandbox.

    2. Bagaimana dengan backlink network menggunakan cms gratis yg udah PR tinggi kayak blogspot, wordpress, webly dll. Bagaimana comparing prose kerja dan hasilnya dengan PBN yg self domain dan self host.

    Ditunggu sharingnha ya mas. Trimakasih

    1. Halo mas, mohon maaf sala telat balasnya.
      Berikut jawaban saya untuk pertanyaan mas.

      1. Betul, itu pun yang saya lakukan. Saya menembakan backlink dari PBN setelah berlalu 3 bulan terhitung mulai dari domain terindex. Namun selama 3 bulan itu saya update contet sampai jumlha artikel berjumlah 15-30 (bergantung niche). Namun selama 3 bulan tersebut tidak salah di beri backlink namun dengan jumlah yang sedikit, khusunya social share dan social bookmark di situs2 terpercaya spt FB, G+, twitter, pinterest, redit, dll.

      Faktor lain menurut saya yang penting di perhitungkan adalah jumlah artikel di money site kita. Meskipun sudah berlalu 3 bulan tapi kalau artikelnya hanya 1 atau 2 maka tetap tidak layak di beri PBN. Di mata Google logikanya adalah website kita harus ada visitornya baru bisa dapat backlink, nah kalau artikel cuma seiprit visitor pun hampir tidak ada tidak mungkin dapat backlink seharusnya. Maka ketika web kita tidak ada visitor dan malahan dapat backlink Gooogle akan curiga.

      Maka buatlah beberapa artikel yang menembak KW yang long tail. DAri situ kita akan mendapat trafik yang lumayan meskipun tidak di backlink.

      2. Untuk PBN gratisan proses kerja sama saja kok. Hanya saja untuk web2 seperti itu kalo bisa jangan langsung di isi backlink. Isi dulu 4 artikel yang berisi gambar dan video juga backlink ke situs authority lainya. Ketika sudah terindex bisa tambahkan artikel ke 5 berisi link ke situs kita.
      Effeknya memang akan jauh di bandingkan PBN berbayar.

      Semoga bisa di pahami jawaban saya.
      Salam

  8. Makasih atas sharingnya mas sangat inspiratif sekali, Saya yang semula tidak tahu apa itu PBN dan cara kerjanya ternyata setelah ketemu blog ini mulai terbuka dan ngeh walaupun masih ada beberapa item yang bingung. Sekali lagi makasih ya mas.

  9. Halo mas Gabriel, menarik sekali bahasan mengenai PBN ini.
    Saya mau tanya, kalau misalkan belum ada dana utk membangun PBN,
    saran terbaik apa yang bisa mas Gabriel berikan?
    Lalu yang dimaksud backlink high quality (selain PBN) di era Panda ini backlink yang bagaimana ya mas?
    Terimakasih sebelumnya dan semoga makin lancar earningnya mas
    🙂

    1. Halo Mas Ari,

      Kalo dana terbatas saran saya cari KW yang low competition. Lalu bisa di backlink pelang2 dengan backlink dari Forum2 (harus di buat dengan cara yang benar), web 2.0, blog comment yang relevan, Social Signal, dll.

      Sekarang ini malah lagi trend orang2 uda gak mikir backlink lagi, tapi sediakan artikel yang berkualitas dalam jumlah banyak dalam 1 website yang menyasar long tail dan low competition KW.

      Yang di sebut high quality backlink si relatif sebetulnya. Tapi menurut saya yang benar2 high quality ya backlink yang relevan dan berasal dari website authority dan “susah di dapat” hehe, soalnya kalo gampang di dapat ya semua orang bakal bisa buatnya

  10. wah mantap neh infonya…

    kalo kita buat sendiri nya emang berat di awal sih untuk modalinnya.. tp bila sudah menghasilkan ini seperti bola salju yang berputar semakin besar dan terus besar..

    enak juga yah kalo ada patungan PBN ada 20 orang aja.. udah lumayan banget tuh bro…

  11. selamat pagi mas gabriel, terima kasih atas ilmu yg diberikan bener2 luar biasa dan sangat bermanfaat sekali..
    ohya mas saya ada pertanyaan..
    misal kita punya 10 pbn, dan tiap blog pbn kita kasih backlink ke money site kita,, dan apakah hanya sekali saja kita kasih backlink ke money site atau bisa berkali-kali dengan jeda beberapa hari???
    terima kasih sebelumnya…

  12. mas mau tanya:
    saya mau pasang google analityc di web moneysite , apa ada resiko terkena deindex?
    terimaksih sebelumnya.

Read Next

Sliding Sidebar