10 Negara yang Melegalkan Ganja untuk Medis

10 Negara yang Melegalkan Ganja untuk Medis

DUNIA

Di Indonesia Ganja merupakan narkotika golongan 1 yang sangat dilarang beredar. Tapi banyak pula negara yang melegalkan Ganja untuk medis. Berikut 10 Negara yang Melegalkan Ganja untuk Medis:

Negara yang Melegalkan Ganja:

1. Kanada
Negara Kanada sudah melegalkan ganja, baik untuk medis atau tujuan rekreasional sejak tahun 2018. Penanamannya pun tak dilarang, asal mengantongi izin atau lisensi. Namun, Kanada masih melarang promosi ganja.

2. Amerika Serikat
Tidak semua negara bagian di AS melegalkan penggunaan ganja. Dengan kewenangan di masing-masing negara bagian, beberapa mengizinkan pemakaian ganja medis untuk pengobatan, namun ada pula yang mengatur dengan sangat ketat, dan ada yang melarangnya.

3. Belanda
Negara ini disebut sebagai ‘surga’ bagi penikmat ganja dan produk turunannya, termasuk ganja dengan tujuan rekreasional. Ganja mudah ditemukan di ‘coffeeshop’ dalam berbagai bentuk. Ada yang diisap ada pula yang diolah sebagai kue. Aturannya, mengkonsumsi ganja tidak diperbolehkan di tempat umum. Menanamnya juga masih ilegal.

4. Thailand
Negeri Gajah Putih ini menjadi negara yang pertama di Asia Tenggara yang melegalkan pemakaian ganja medis untuk kepentingan pengobatan dan ilmu pengetahuan. Dimulai pada 2018, kebijakan tersebut disebut sebagai kado tahun baru bagi pasien yang membutuhkan obat alternatif penghilang rasa sakit.

5. Jamaika
Meski image ganja dan reggae melekat pada negara ini, nyatanya ganja baru dilegalkan pada 2015. Kepemilikan ganja masih diperbolehkan, asal dalam masih dalam jumlah yang sedikit.

6. Uruguay
Uruguay merupakan negara pertama yang melegalkan ganja untuk medis dan mulai dijual di apotek lokal. Namun untuk membeli ganja diharuskan berusia diatas 18 tahun.

7. Peru
Peru juga tidak melarang warganya untuk memiliki ganja asal untuk keperluan personal. Tapi Peru membatasi per orang hanya boleh menyimpan 8 gram ganja.

8. Portugal
Negara eropa satu ini memiliki peraturan unik soal obat dimana kepemilikan ganja asal untuk medis dan digunakan personal tidak akan melanggar hukum

9. Republik Ceko
Republik Ceko melegalkan penggunaan ganja dimana masyarakat umum dapat menyimpan ganja maksimal 15 gram

10. Malaysia
Negara yang bertetangga dengan Indonesia tersebut berencana akan melegalkan penanaman ganja untuk keperluan medis. Penanaman bakal diperbolehkan asal mengantongi izin resmi dari Kementerian Kesehatan Malaysia dan dengan tujuan untuk pengobatan atau penelitian. Direktur Jenderal Badan Anti Narkoba Nasional Malaysia, Datuk Seri Zulkifli Abdullah juga mengatakan ada ruang dalam Undang-undang Obat-obatan Berbahaya untuk penanaman ganja medis dengan ketentuan sudah mempunyai izin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *