Gempa Turki Menewaskan 26 Orang serta 800-an Alami Luka-Luka

Gempa Turki Menewaskan 26 Orang serta 800-an Alami Luka-Luka

DUNIA

Gempa Turki Menewaskan 26 Orang serta 800-an Alami Luka-Luka, Gempa magnitudo 7,0 mengguncangkan di Izmir, Turki. Tidak cuman gempa, tsunami kecil sampat tampil di kota Serifihisar, sisi barat daya Izmir.

data terbaru memberikan laporan minimal 26 orang wafat karena gempa itu. Kecuali korban wafat, kejadian itu mengakibatkan minimal 804 orang terluka.

Petinggi di tempat menjelaskan, dari 26 orang yang disampaikan wafat, sekitar 24 orang meninggal berawal dari wilayah pesisir di barat Turki. Sesaat 2 yang lain ialah remaja lelaki serta wanita yang diketemukan wafat sesudah terkena tembok roboh di Pulau Samos.

Walikota Tunc Soyer, menjelaskan gempa merusak banyak bangunan. Hingga saat ini, terdaftar 20 bangunan remuk karena gempa. Semenjak gempa pertama kali, terdaftar ada 196 gempa susulan. 23 Gempa salah satunya memiliki kekuatan lebih dari 4,0. Sampai ini usaha penelusuran serta penyelamat korban yang kemungkinan tertimbun di bawah puing-puing bangunan masih dilaksanakan.

Gempa memiliki kekuatan magnitudo 7,0 menempa Laut Aegea. Zeki Soysal, seorang warga di propinsi Izmir menjelaskan, ia sukses keluar dari gedung kantornya pas saat sebelum gedung itu roboh sebab gempa. “Ada seorang wanita yang lebih tua di gedung itu tapi kami selamatkannya, ia keluar. Ada gedung lain di dekat gedung ini. Mereka lagi usaha keluarkan beberapa orang,” ucapnya.

Survey Geologi Amerika Serikat (USGS) memberikan laporan, pusat gempa itu ada di 14 km (8,7 mil) timur laut kota Néon Karlovásion di pulau Samos Yunani, untuk jam 1.51 waktu Yunani.

Gempa itu berlangsung untuk kedalaman yang relatif dangkal 10 km, menurut USGS, membuat efeknya terasa sangat di atas tanah di seputar pusat gempa. Tubuh musibah Turki menulis kedalaman untuk 17 km.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mentweet: “Mudah-mudahan cepat pulih İzmir.”

“Dengan semuanya fasilitas negara kami, kami memberikan dukungan masyarakat kami yang terserang imbas gempa. Kami ambil perlakuan untuk mengawali pekerjaan yang dibutuhkan di daerah itu dengan semuanya instansi serta menteri kami yang berkaitan,” kata Erdogan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *