Rekrut Meunier, Tanda Dortmund Relakan Hakimi

Rekrut Meunier, Tanda Dortmund Relakan Hakimi

OLAHRAGA

Di sisi lain, berlabuhnya Meunier di Signal Iduna Park memunculkan isyarat berbeda. Dortmund sepertinya tidak lagi berharap banyak agar Achraf Hakimi bersedia bertahan dan tidak kembali ke Real Madrid.

Borussia Dortmund mengonfirmasi berita bahwa mereka telah meresmikan perekrutan Thomas Meunier. Mantan bek kanan Paris Saint-Germain (PSG) ini didatangkan secara gratis atau bebas transfer, Kamis (25/6).

Meunier merupakan pemain yang sebelumnya masuk incaran beberapa klub elite Eropa. Apalagi dengan potensi besar tanpa mengeluarkan biaya transfer. Arsenal, Manchester United, Tottenham Hotspur, hingga Juventus, dipercaya melakukan upaya pendekatan untuk merayu bek berusia 28 tahun ini.

Namun, Dortmund berhasil memenangi persaingan dan menjadi klub yang akhirnya dipilih Meunier. Sang pemain kini resmi diikat dengan kontrak berdurasi empat tahun hingga 2024.

Ia pun menjelaskan alasan utama memilih klub beralias Die Borussen sebagai persinggahan selanjutnya. Terutama setelah ia merasakan langsung atmosfer pendukung Dortmund di Signal Iduna Park. Tepatnya di laga leg pertama babak 16 Besar Liga Champions antara Dortmund vs PSG musim ini.

“Borussia Dortmund adalah tim yang menerapkan permainan persis seperti yang saya inginkan. Menggairahkan, autentik, dan alami. Antusiasme fan BVB dan atmosfer selama pertandingan melawan PSG di Signal Iduna Park benar-benar memengaruhi keputusan saya. Saya seorang yang ambisius dan ingin memenangi gelar sama seperti saat di Club Brugge dan PSG,” kata Meunier dikutip dari laman resmi Dortmund.

Menurut Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, perekrutan Meunier akan menjadi keuntungan bagi skuat besutan Lucien Favre. Apalagi, ia merupakan bek dengan pengalaman dan jam terbang bagus.

“Thomas Meunier adalah pemain yang sudah memperlihatkan kualitasnya di level tertinggi seperti di Liga Champions maupun tim nasional Belgia dalam waktu lama. Pengalamannya benar-benar akan menjadi keuntungan buat kami,” ujar Zorc.

Jika melihat dari statistik performa, Meunier merupakan bek sayap yang memiliki akurasi umpan tinggi dan konsisten. Buktinya, pada musim 2018/19 Liga Prancis, catatan akurasi umpannya mencapai 84 persen, sedangkan musim ini ada di angka 85 persen.

Bahkan, selama empat tahun berkarier di PSG, Meunier adalah pemain bertahan yang tergolong produktif. Selama durasi tersebut, ia sanggup mengoleksi 13 gol dan 21 assist di semua kompetisi.

Meunier menjadi pemain ketiga asal Belgia yang memperkuat skuad Die Borussen. Ia akan bergabung dengan kompatriotnya, Axel Witsel dan Thorgan Hazard.

Di sisi lain, berlabuhnya Meunier di Signal Iduna Park memunculkan isyarat berbeda. Dortmund sepertinya tidak lagi berharap banyak agar Achraf Hakimi bersedia bertahan dan tidak kembali ke Real Madrid.

Meski memiliki kontribusi dan pengaruh besar, kontrak pinjaman Hakimi selama dua musim dipastikan berakhir pada penghujung musim ini. Terlebih, sang pemain juga sudah mengutarakan keinginannya untuk bergabung dengan skuad besutan Zinedine Zidane musim depan.

“Jika Madrid menginginkan, saya akan kembali. Jika tidak, saya akan membuka lembaran baru bersama klub besar lainnya,” ujar Hakimi bulan lalu.

Di samping itu, Real Madrid juga dipercaya akan ngotot untuk membawa pulang Hakimi ke Santiago Bernabeu. Apalagi, Hakimi merupakan pemain yang memiliki kemampuan sama bagusnya meski tampil di beberapa posisi berbeda. Sejatinya, ia adalah seorang bek kanan. Namun, ia juga sanggup tampil impresif ketika dipercaya bermain sebagai pemain sayap.

Ia juga bisa menjadi alternatif guna mengembalikan produktivitas gol Madrid yang mengalami kemerosotan sejak ditinggal Cristiano Ronaldo. Sejauh musim ini, ia telah mengemas 9 gol dan 10 assist di semua kompetisi. Usia muda dan kecepatan berlarinya juga akan memberikan keuntungan besar bagi Madrid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *